Apa itu Ilmu Sosial Dasar?

BAB I

PENDAHULUAN

 A.   Latar Belakang

Ilmu Sosial Dasar diajarkan di Universitas agar dapat mencetak mahasiswa-mahasiswa yang bukan hanya handal di bidangnya, tetapi juga dapat memiliki Ilmu Sosial yang tinggi. Kemampuan yang diharapkan dimiliki oleh mahasiswa adalah kemampuan akademik, kemampuan profesi, dan kemampuan pribadi. Kemampuan akademik dan profesi adalah kemampuan yang didapat oleh mahasiswa dalam proses pembelajaran di kampus sesuai kurikulum yang ada. Sedangkan, kamampuan pribadi diharapkan dapat didapatkan oleh mahasiswa dalam mata kuliah Ilmu Sosial Dasar. Oleh karena itu posisi Ilmu Sosial Dasar cukup penting dalam pembentukan mahasiswa yang Bertaqwa kepada Tuhan YME, Berjiwa Pancasila, Memiliki wawasan Sejarah perjuangan bangsa, Memiliki wawasan dan pendekatan dalam menyikapi permasalahan sosial, ekonomi, politik, kebudayaan, maupun pertahanan, Memiliki wawasan tentang kehidupan bermasyarakat.

BAB 2

PEMBAHASAN

  1. A.   Pengertian dan Ruang Lingkup Ilmu Sosial
  1.  Ilmu alamiah adalah ilmu yang mempelajari tentang alam, yang berhubungan lingkungan alam  seperti fisika, kimia, biologi,astronomi, botani dll.
  2. Ilmu Sosial adalah ilmu yang mempelajari sosial manusia di lingkungan sekitar seperti sosiologi, ekonomi, politik, antropologi sejarah, psikologi, geogrofi dll.
  3. Ilmu budaya adalah ilmu yang mempelajari adat istiadat atau kebiasaan hidup manusia di suatu wilayah seperti bahasa, agama, kesusastraan, kesenian dll.

 

Dari perkembangan ilmu sosial timbul paham studi sosial yang disebut ilmu pengetahuan sosial. IPS adalah bidang studi yang merupakan paduan dari sejumlah mata pelajaran sosial. Yang termaksud pada pelajaran IPS, yaitu geografi, sejarah, ekonomi, sosiologi, antropologi dll.

Berikut ini adalah definisi dari Ilmu Pengetahuan Sosial dari beberapa pandangan ahli :

  1. Menurut Sumantri, IPS merupakan suatu program pendidikan dan bukan sub-disiplin ilmu tersendiri, sehingga tidak akan ditemukan baik dalam nomenklatur filsafat ilmu, disiplin ilmu-ilmu sosial (social science), maupun ilmu pendidikan.

Penjelasan: Dalam hal ini, Sumantri berpendapat bahwa Ilmu Pengetahuan Sosial itu sendiri merupakan kumpulan ilmu-ilmu sosial yang dipilih dan disesuaikan bagi penggunaan program pendidikan di sekolah atau kelompok belajar lainnya yang sederajat.

  1. Menurut Mulyono Tj., IPS merupakan suatu pendekatan interdisipliner (Inter-disciplinary Approach) dari pelajaran Ilmu-ilmu Sosial. IPS merupakan integrasi dari berbagai cabang Ilmu-ilmu Sosial, seperti sosiologi, antropologi budaya, psikologi sosial, sejarah, geografi, ekonomi, ilmu politik, dan sebagainya.

Penjelasan: Menurut Mulyono Tj., IPS merupakan cara pandang terhadap pelajaran ilmu-ilmu sosial dengan menggunakan lebih dari satu pendekatan seperti sosiologi, antropologi budaya, psikologi sosial, sejarah, geografi, ekonomi, ilmu politik, dan sebagainya sehingga diperlukan penguasan pendekatan ilmu-ilmu tersebut dalam mengaplikasikan ilmu pengetahuan social.

  1. Social Scence Education Council (SSEC) dan National Council for Social Studies (NCSS), menyebut IPS sebagai “Social Science Education” dan “Social Studies”, seta mendefinisikan IPS, sebagai berikut:

Ilmu sosial adalah studi terintegrasi dari ilmu pengetahuan dan kemanusiaan untuk mempromosikan kompetensi kewarganegaraan. Dalam program sekolah, studi sosial berisi koordinasi, gambar studi sistematis pada disiplin ilmu seperti antropologi, ekonomi, geografi, sejarah, hukum, filsafat, ilmu politik, psikologi, agama, dan sosiologi, serta konten yang sesuai dari kemanusiaan, matematika, dan ilmu alam. Tujuan utama dari penelitian sosial adalah untuk membantu kaum muda mengembangkan kemampuan untuk membuat keputusan informasi dan beralasan untuk kepentingan publik sebagai warga masyarakat, budaya beragam demokratis di dunia yang saling tergantung.

Dengan kata lain, IPS mengikuti cara pandang yang bersifat terpadu dari sejumlah mata pelajaran seperti geografi, ekonomi, ilmu politik, ilmu hukum, sejarah, antropologi, psikologi, sosiologi, dan sebagainya. Tujuan utama dari IPS adalah untuk membantu pemuda mengembangkan kemampuannya untuk membuat suatu keputusan beralasan dan dspst diinformasikan kepada masyarakat luas demi kepentingan publik sebagai warga Negara yang memiliki keberagaman budaya serta dalam kehidupan bermasyarakat di seluruh penjuru dunia.

Penjelasan: Pendapat yang dikemukakan oleh SSEC hampir sama dengan yang diungkapkan oleh Mulyono Tj. SSEC menambahkan mengenai tujuan IPS, yakni merupakan suatu pengetahuan yang dapat membantu kita untuk dapat berinteraksi dengan orang lain, dapat menyampaikan informasi, dapat membuat suatu keputusan dengan baik, dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan yang memiliki budaya yang beragam, serta dapat menjadi masyarakat yang bersikap demokratis terhadap kepentingan publik.

  1. Saidiharjo menegaskan bahwa IPS merupakan hasil kombinasi atau hasil pemfusian atau perpaduan dari sejumlah mata pelajaran seperti: geografi, ekonomi, sejarah, sosiologi, antropologi, politik.

Penjelasan: Kalau Mulyono menekankan pada pendekatan untuk mengapikasikan IPS, Saidiharjo lebih menitikberatkan IPS menjadi semacam kajian atau kumpulan dari beberapa mata pelajaran yang berhubungan dengan ilmu pengetahuan social.

  1. Menurut Dr. Nursid Sumaatmadja Saidiharjo menegaskan bahwa IPS merupakan hasil kombinasi atau hasil pemfusian atau perpaduan dari sejumlah mata pelajaran seperti: geografi, ekonomi, sejarah, sosiologi, antropologi, politik.

Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) adalah suatu mata pelajaran yang kajiannya fokus pada seperangkat peristiwa, fakta, konsep, dan generalisasi yang berkaitan dengan isu sosial. Dengan kata lan, IPS ini merupakan suatu mata pelajaran yang bersumber dari kehidupan sosial di dunia sehingga mengajarkan kita agar lebih mengetahui mengenai kehidupan sosial apa yang telah terjadi, yang akan terjadi, maupun yang seharusnya terjadi.

Menurut beberapa artikel dan buku menyebutkan beberapa definisi dari Ilmu Sosial Dasar sebagai berikut :

  1. Ilmu Sosial Dasar adalah gabungan dari disiplin ilmu sosial yang digunakan dalam pendekatan dan pemecahan masalah sosial yang ada di lingkungan sekitar kita. Ilmu Sosial Dasar memberikan dasar – dasar pengetahuan tentang konsep untuk mengkaji gejala sosial.
  1. Ilmu Sosial Dasar adalah seluruh usaha sadar untuk menyelidiki, menemukan, dan meningkatkan pemahaman manusia tentang masalah sosial, dan juga membicarakan hubungan timbal balik antara manusia dengan lingkungannya. Khususnya kehidupan masyarakat Indonesia dengan menggunakan pengertian-pengertian. Ilmu sosial bukanlah suatu bidang keahlian ilmu-ilmu sosial tertentu, tetapi berasal berbagai bidang pengetahuan dalam berbagai ilmu-ilmu sosial seperti, sosiologi, sejarah , antropologi, psikologi sosial.
  1. Ilmu Sosial Dasar adalah pengetahuan yg menelaah masalah-masalah sosial, khususnya masalah-masalah yang diwujudkan oleh suatu masyarakat, dengan menggunakan Teori-teori (fakta, konsep, teori) yang berasal dari berbagai bidang pengetahuan keahlian dalam lapangan ilmu-ilmu sosial (seperti Geografi Sosial, Sosiologi, Antropologi Sosial, Ilmu Politik, Ilmu Komputer, Ekonomi, Psikologi Sosial dan Sejarah).

Tujuan dari Ilmu Sosial Dasar (ISD) adalah memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji gejala-gejala sosial dan lebih memahami dan menyadari bahwa setiap kenyataan sosial dan masalah sosial ada dalam masyarakat dan selalu bersifat kompleks, kita hanya bisa memahaminya secara kritis.

Ilmu pengetahuan dikelompokan dalam beberapa kelompok. Secara umum ilmu pengetahuan dikelompokan menjadi tiga yaitu ilmu pengetahuan alam, ilmu pengetahuan sosial, dan ilmu pengetahuan budaya atau lebih umum disebut ilmu pengetahuan humaniora. Pengelompokan ilmu pengetahuan ini yang mendasari pengembangan Ilmu Alamiah Dasar, Ilmu Sosial Dasar, dan Ilmu Budaya Dasar.

Bahan pelajaran Ilmu Sosial Dasar dapat dibedakan 3 golongan :

  1. Kenyataan-kenyataan sosial yang ada dala mmasyarakat, yang secara bersama-sama merupakan masalah sosial tertentu.
  2. Konsep-konsep sosial atau pengertian-pengertian tentang kenyataan-kenyataan social dibatasi pada konsep dasar atau elemnter saja yang sangat diperlukan untuk mempelajari masalah-masalah sosial yang dibahas dalam Ilmu Pengetahuan Sosial.
  3. Masalah-masalah yang timbul dalam masyarakat, biasanya terlibat dalam berbagai kenyataan-kenyataan sosial yang antara satu dengan yang lainnya berbeda.
  1. B.   Karakteristik Ilmu Sosial Dasar

Sebagai ilmu, Ilmu Sosial Dasar memiliki sifat hakikat atau karakteristik Ilmu Sosial Dasar :

  1. Merupakan ilmu sosial, bukan ilmu kealaman ataupun humaniora.
  2. Merupakan ilmu pengetahuan yang bersifat umum, artinya bertujuan untuk menghasilkan pengertian dan pola-pola umum dari interaksi antar-manusiadalam masyarakat, dan juga tentang sifat hakikat, bentuk, isi dan struktur masyarakat.
  3. Ilmu Sosial Dasar bukan merupakan Ilmu Pengetahuan yang normatif, melainkan ilmu yang kategoris. Artinya membatasi ciri pada kejadian dewasa ini, bukan pada apa yang terjadiatau seharusnya terjadi. Dengan demikian Ilmu Sosial Dasar merupakan ilmu yang bebas nilai karena menilai apa yang baik dan apa yang buruk.
  4. Ilmu Sosial Dasar merupakan Ilmu Pengetahuan yang murni dan bukan merupakan Ilmu Pengetahuan terapan. Ilmu Pengetahuan murni merupakan pencarian akan adanya pengetahuan, sedangkan penggunaan praktisnya tidak di utamakan.
  5. Ilmu Sosial Dasar merupakan Ilmu Pengetahuan yang abstrak, bukan Ilmu Pengetahuan yang konkret.
  6. Ilmu Sosial Dasar bertujuan menghasilkan pengertian dan pola umum interaksi antarmanusia.
  7. Ilmu Sosial Dasar merupakan Ilmu Pengetahuan yang umum, bukan Ilmu Pengetahuan khusus. Artinya, Ilmu Sosial Dasar mempelajari gejala umum yang ada pada setiap interaksi antarmanusia. Dengan kata lain, lapangan penyelidikanya bersifat umum yakni kehidupan bersama manusia.
  1. C.   Kegunaan dan Peran Ilmu Sosial Dasar

Sebenarnya untuk apa kita belajar Ilmu Sosial Dasar?, Mengapa kita belajar Ilmu Sosial Dasar?, pertanyaan-pertanyaan inilah yang sering muncul dibenak kita semua sebagai kaum terpelajar.

                        Ruang lingkup Ilmu Sosial Dasar :

  1. Berbagai aspek yang merupakan suatu masalah sosial yang dapat ditanggapi dengan pendekatan sendiri atau pendekatan gabungan antar bidang.
  2. Adanya keragaman golongan dan kesatuan sosial lain dalam masyarakat.

Berdasarkan ruang lingkup di atas masih perlu penjabaran untuk bisa dioperasionalkan ke pokok bahasan dan sub pokok bahasan. Yaitu :

  1. Mempelajarai adanya berbagai masalah kependudukan dan hubungan dengan perkembangan masyarakat dan kebudayaan.
  2. Mempelajari adanya masalah individu dan masyarakat.
  3. Mengkaji masalah kependudukan dan sosialisasi.
  4. Mempelajari hubungan antar warga negara dan negara.
  5. Mempelajari hubungan antar warga negara dan negara.
  6. Mempelajari hubungan antara pelapisan sosial dan persamaan derajat.
  7. Mempelajari masalah yang dihadapi masyarakat pedesaan.
  8. Masalah sosial dan Ilmu Sosial Dasar.

Berikut alasan kenapa mata kuliah Ilmu Sosial Dasar diberikan diperguruan tinggi :

  1. Banyaknya kritik yang ditunjukkan pada sistem pendidikan di perguruan tinggi bahwa sistem pendidikan yang diberikan masih berbau kolonial dan warisan sistem pendidikan pemerintah Belanda. Yang pendidikannya bertujuan untuk menghasilkan tenaga terampil untuk menjadi tukang yang mengisi birokrasi mereka.
  2. Sistem pendidikannya masih tidak mengenali dimensi – dimensi lain di luar disiplin keilmuannya. Perguruan tinggi dianggap seolah – olah tidak peka terhadap lingkungan sekitarnya sertak perkembangan masyarakat.
  3. Sedangkan tenaga ahli yang dihasilkan oleh perguruan tinggi diharapkan mempunyai tiga kemampuan, yaitu personal, akademis dan profesional.
    Kemampuan personal
    Tenaga ahli diharapkan memiliki pengetahuan sehingga menunjukkan sikap yang mencerminkan kepribadian Indonesia, mengenal dan memahami nilai agama, masyarakat, pancasila serta pandangan luas terhadap berbagai masalah masyarakat Indonesia.

Kemampuan Akademik
Kemampuan untuk berkomunikasi secara ilmiah baik lisan maupun tulisan dan mampu berpikir logis, kritis, sistematis dan analitis. Memiliki kemampuan untuk mengedintifikasi dan merumuskan masalah yang sedang dihadapi.

Kemampuan Profesional
Kemampuan dalam bidang profesi tenaga ahli yang bersangkutan. Dan mereka diharapkan memiliki kemampuan dan keterampilan yang tinggi dalam profesinya.

  1. D.   Konsep-Konsep Dasar Mengenai Ilmu Sosial Dasar

Berikut ini beberapa Ilmu Sosial Dasar yang terdapat di masyarakat.

1.   Masyarakat

       Masyarakat adalah sekumpulan manusia yang menempati wilayah tertentu danmembina kehidupan bersama dalam berbagai aspek kehidupan atas dasar normasosial terntentu dalam waktu yang cukup lama.Dari pengerti tersebut dapat dilihat bahwa masyarakat merupakan organisasi manusia yang selalu berhubungan danmemiliki unsur berikut:

a.       Orang-orang dalam jumlah relatif besar yang saling berinteraksi,baik antaraindividu dengan kelompok maupun atarkelompok.

b.      Adanya kerja sama yang secara otomatis terjadi dalam setiap masyarakat,baik dalam skala kecil(antarindividu) maupun dalam skala luas.

c.       Berada dalam wilayah dengan batas-batas tertentu yang merupakan wadahtempat berlangsungan suatu tata kehidupan bersam

d.      Berlangsung dalam waktu relatif lama ,serta memiliki norma sosial tertentu yangmenjadi pedoman dalam sistem tata kelakuan dan hubungan warga masyarakatuntuk memenuhi kebutuhannya.

2.  Interaksi Sosial

     Interaksi Sosial adalah hubungan dan pengaruh timbal balik antar individu,antara individu dari kelompok dan antarkelompok.

3.  Status dan Peran

     Status adalah posisi seseorang dalam masyarakat yang merupakan aspek masyarakat yang kurang lebih bersifat statis.Peran merupakan pola tindakan dari orang yang memiliki status tertentu danmerupakan aspek masyarakat yang kurang lebih bersifat dinamis.

4.  Nilai

     Nilai itu adalah segala sesuatu yang dianggap baik dan benar oleh anggotamasyarakat dan merupakan sesuatu yang diidam-idamkan.Pergeseran nilai akanmempengaruhi kebiasaan dan tata kelakuan.

5.Norma

   Norma merupakan wujud konkret dari nilai sosial,dibuat untuk melaksanakannilai-nilai yang ada dalam masyarakat yang telah dianggap baik dan benar.Adaempat macam norma yang ada dalam masyarakat antara lain:

a.     Norma agama,yaitu petunjuk hidup yang berupa perintah dan larangan agar manusia berada dalam jalan yang diridhai Tuhan.

b.    Norma adat,yaitu norma yang berkaitan dengan sistem penyelanggaraan hidupyang terjadi secara berulang-ulang karena dibakukan dan diyakini.

c.     Norma kesusilaan dan kesopanan,yaitu tuntutan perilaku yang harus dipatuhioleh setiap warga masyarakat.Norma ini memiliki substansi pokok mengenai penghargaan terhadap harkat dan martabat orang lain.

d.     Norma huku,yaitu norma masyarakat yang dibuat oleh lembaga-lembaga berwenang pidana.

6.  Lembaga Sosial

     Menurut Paul B.Horton dan Chester L Hunt,lembaga adalah sistem hubungansosial yang terorganisir dan mewujudkan nilai-nilai dan tata cara umu tertentu danmemenuhi kebutuhan dasar masyarakat.Lembaga merupaka satu sistem normauntuk mencapai suatu tujuan yang oleh masyarakat dianggap penting.

7.  Sosialisasi

Sosialisasi merupakan proses individu belajar berinteraksi di tengah masyarakat.Melalui proses sosialisasi ,seorang individu akan memperoleh pengetahuan,nilai-nila dan norma-norma yang akan membekalinya dalam proses pergaulan.

8.  Perilaku Menyimpang

      Merupakan bentuk perilaku masyarakat yang tidak sesuai dengan norma dannilai yang berlaku.

9.  Pengendalian Sosial

     Setiap masyarakat menginginkan adanya suatu ketertiban agar tata hubunganantarwarga masyarakat dapat berjalan secara tertib dan lancar,untuk kepentinganini masyarakat membuat norma sebagai pedoman yang pelaksanaannyamemerlukan suatu bentuk pengawasan dan pengendalian.

10.  Proses Sosial

       Proses sosial merupakan proses interaksi dan komunikasi antarkomponenmasyarakat dari waktu ke waktu hingga mewujudkan suatu perubahan.Dlama suatu proses sosial terdapat komponen-komponen yang saling terkait satu samalain,yaitu:

a.  Struktur sosial,yaitu susunan masyarakat secara komprehensif yang menyangkutindividu ,tata nilai,dan struktur budayanya.

b.  Interaksi Sosial,yaitu keseluruhan jalinan antarwarga masyarakat.c.Struktur alam lingkungan yang meliputi letak,bentang alam,iklim,flora danfauna.Komponen isi merupakan salah satu komponen yang turut mempengaruhi bagaimana jalannya proses sosial dalam suatu masyarakat.

11.  Perubahan Sosial Budaya

       Perubahan Sosial adalah perubahan struktur sosial dan budaya akibat adanyaketidaksesuaian di antara unsur-unsurnya sehingga memunculkan suatu corak sosial budaya baru yang dianggap ideal.

12.   Kebudayaan

        Kebudayaan adalah semua hasil cipta,rasa dan karsa manusia dalam hidup bermasyarakat.Dalam arti luas,kebudayaan merupakan segala sesuatu yang ada dimuka bumi yang keberadaannya diciptakan oleh manusia.Dibentuk oleh:

a. artefak,yaitu benda hasil karya manusia

b. sistem aktivitas,seperti berbagai jenis tarian,olahraga,kegiatan sosial,ritual

c.  sistem ide atau gagasan,yaitu pola pikir yang ada di dalam pikiran manusia.

  1.  Masalah Sosial dan Ilmu Sosial DasarMasalah yang dihadapi tidaklah sama, disebabkan karena perbedaan tingkat perkembangan kebudayaan masyarakat dan keadaan lingkungan alam. Masalah tersebut dapat berupa sosial, politik, moral dll. Yang membedakan masalah ini ada hubungannya dengan nilai moral dan pranata sosial.
  1. Menurut masyarakat, segala sesuatu yang menyangkut kepentingan umumadalah masalah sosial.
  2. Menurut para ahli, suatu kondisi yang terwujud dalam masyarakat berdasarkan atas studi, mempunyai sifat yang menimbulkan kekacauan.Masalah sosial muncul sejak peradaban manusia karena dianggap mengganggu kesejahteraan hidup. Dan membuat masyarakat untuk mengedintifikasi, menganalisa cara untuk mengatasinya.
  3. Ilmu Sosial Dasar menyajikan pemahaman mengenai hakikat manusia sebagai makhluk sosial dan masalahnya dengan menggunakan kerangka pendekatan. Dengan menggunakan kacamata obyektif berarti, konsep dan teori yang berhubungan dengan hakikat manusia dan masalahnya telah dikembangkan dalam ilmu sosial dan digunakan. Sedangkan menurut kacamata subyektif masalah yang dibahas akan dikaju menurut perspektif masyarakat yang bersangkutan.

BAB III

PENUTUP

Demikianlah tugas yang telah saya kerjakan dengan sunguh-sungguh, mungkin ada kekurangan yang terdapat dalam penulisan tugas ini. Semoga ada kritik dan saran yang mendukung dalam penulisan ini. Jika ada kelebihan mungkin hanya kebetulan semata. Terima kasih. Simpulan Pada tugas ini saya simpulkan beberapa inti pokok pembahasan tugas ini sebagai berikut :

  1. Ilmu Sosial Dasar adalah ilmu yang mempelajari tentang gabungan dari disiplin ilmu sosial yang digunakan dalam pendekatan dan pemecahan masalah sosial yang ada di lingkungan sekitar kita.
  1. Merupakan ilmu sosial, bukan ilmu kealaman ataupun humaniora.
  2. Tujuan dari Ilmu Sosial Dasar (ISD) adalah memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji gejala-gejala sosial dan lebih memahami dan menyadari bahwa setiap kenyataan sosial dan masalah sosial ada dalam masyarakat dan selalu bersifat kompleks, kita hanya bisa memahaminya secara kritis.

Saran :

Sebagai manusia yang menjalani kehidupan di dunia beserta problematikanya. Apabila kita menginginkan kehidupan kita berjalan baik dan lancar maka pengelolaan kita terhadap pola pikir akal, jasmani dan rohani kita harus berjalan dengan benar, seimbang dan sesuai. Apabila ada salah satu saja yang tidak seimbang dalam pemenuhannya maka akan berdampak pula pada kehidupan sehari – hari kita.

DAFTAR PUSTAKA

http://studynut.blogdetik.com/2012/01/09/pemahaman-ilmu-sosial-dasar/

http://lifestyle.kompasiana.com/catatan/2012/04/07/fenomena-ilmu-sosial-dasar-dalam-kehidupan/

http://abenknst.blogspot.com/2010/06/pengertian-dan-ruang-lingkup-ilmu.html

http://atikatikaaziz.blogspot.com/2010/08/konsep-ilmu-pengetahuan-sosial-menurut.html

http://claudialfeline.blogspot.com/2012/01/rangkuman-ilmu-sosial-dasar.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s